News

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Konsel Gelar Bimtek Aplikasi SRIKANDI

Avatar
759
×

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Konsel Gelar Bimtek Aplikasi SRIKANDI

Sebarkan artikel ini
Ketgam: Pelaksanaan Bimtek Aplikasj Srikandi.

KENDARI, SULTRASATU.COM – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI).

Bimtek dilaksanakan dalam rangka program percepatan transformasi digital kearsipan tahun 2023 yang dilaksnakan pada 12 sampai 14 September 2023 di salah satu hotel di Kendari, 12 September 2023.

Bimtek dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Selatan Hj. St. Chdidjah, S.Sos., M.Si. dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika & Perdandian Konawe Selatan Hidayatullah, SP., M.Si.

“Kegiatan-kegiatan seperti ini jangan yang penting menggugurkan kewajiban. Tapi yang perlu kita tahu, ilmu yang nantinya kita pelajari disini sangat berharga untuk kita petik,” ujar Sekda Konsel Hj. St. Chdidjah.

BACA JUGA:  Sambut Baik Tuntutan Masyarakat, Humas PT Agung Beton Kendari Ingin Pertemukan Warga dan Perusahaan

Sekda menambahkan, Bimtek Aplikasi SRIKANDI berkaitan dengan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik).

“Untuk Konsel kita sedang giat-giatnya mengenai SPBE, sehingga dari setiap OPD ini sudah digitalisasi. Dan Alhamdulillah gayung bersambut untuk Dinas Perpustakaan ini sudah melaksanakan e-Arsip atau SRIKANDI,” tutur Sekda.

Dalam pelaksanaanya, Bimte dihadiri oleh 36 perwakilan OPD dan 25 perwakilan Kecamatan di Konsel.

Sekda juga berharap, kedepan semua bisa terintegrasi, agar tidak perlu menggunakan arsip manual lagi, tapi lebih ke degitalisasi sehingga apa yang diharapkan sepeti hilang dan lebih irit dalam hal pembiayaan,” terangnya.

Bingkai Dispar

Bingkai ekoran dikbud bkad scaled

Setelah Bimtek, acara dilanjutkan dengan kegiatan utama, yakni penyampaian materi pengantar aplikasi SRIKANDI yang dipandu oleh Dra. Satriani, Arsiparis Ahli Madya.

Satriani menjelaskan, bahwa ada 4 Instansi yang bertanggungjawab atas Aplikasi SRIKANDI, yaitu dari sisi kebijakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara, Arsip Nasional RI sebagai penanggung jawab proses bisnis yang ada di Aplikasi SRIKANDI, Kementerian Kominfo sebagai Pembuat Aplikasi, dan Badan Siber dan Sandi Negara untuk keamanan Dokumen.

Dalam materinya. Hal dasar yang disampaikan terkait dengan pengenalan 4 menu yang ada pada aplikasi SRIKANDI, yakni Admin, Unit Kearsipan, Tata Usaha dan User.

“Setelah penyampaian materi, dilanjutkan dengan praktik aplikasi SRIKANDI. Praktik diawali dengan pengisian menu Admin Kabupaten dan Admin Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Bagian ini merupakan pengisian struktur organisasi pemerintah daerah dan dinas atau badan terkait,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Konsel, Sahrin Sahudale. menjelaskan, bahwa bimtek merupakan tujuan dari Pemda Konsel dalam hal peningkatan SPBE.

“Dinas Perpustakaan dalam rangka kegiatan bimtek ini adalah menyambut apa yang menjadi harapan dan cita-cita bersama yang telah disampaikan pak bupati, bahwa kedepannya kita harus ada perubahan dalam system pemerintahan,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kominfo dan Sandi Konsel, Hidayatullah juga berharap, agar kegiatan ini bisa diintegrasikan dengan aplikasi local yang sudah dimiliki.

“Semua itu untuk menyukseskan SPBE di Konawe Selatan,” tutupnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!