Headline NewsNews

Tingkatkan Kapasitas ASN, Pemkab Butur Gandeng UHO Gelar Pelatihan

Avatar
832
×

Tingkatkan Kapasitas ASN, Pemkab Butur Gandeng UHO Gelar Pelatihan

Sebarkan artikel ini
Tingkatkan Kapasitas ASN, Pemkab Butur Gandeng UHO Gelar Pelatihan
Ketgam: Bupati Butur, Muh. Ridwan Zakariah (Kiri) bersama Rektor UHO, Muh. Zamrun Firihu (Kanan) saat memberikan keterangan.

KENDARI, SULTRASATU.COM – Dalam rangka meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN) Bidang Perencanaan dan Penganggaran berbasis sains dan informasi teknologi Pemerintah Buton Utara (Butur) menggelar pelatihan yang dilaksanakan di salah satu di Kendari.

Pelatihan tersebut daerah yang dipimpin Muh. Ridwan Zakariah juga menjalin kerjasama dengan UHO Kendari juga melibatkan Kementerian Dalam Negeri (Mendagri), Departemen Keuangan dan Kementerian Bapenas.

Ridwan Zakariah mengatakan pelatihan ini adalah wujud nyata kerjasama dengan Universitas Haluoleo (UHO) Kendari yang sudah terbangun sejak lama. “Kegiatan ini sebuah langkah yang dilakukan untuk meningkatkan SDM ASN di kabupaten Butur. Insyaallah ke depan kita kembangkan lagi dan kerjasama ini akan terus belanjut,” jelasnya, Senin (11/6/2023).

Perencanaan penganggaran adalah hal yang perlu dilaksanakan untuk memberikan pengalaman dan pengetahuan bagi ASN sehingga dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik. “Tiga lembaga yang kita libatkan tersebut sangat berkaitan erat dengan kegiatan yang diselenggarakan saat ini terutama terkait perencanaan dan penganggaran karena yang kita butuhkan adalah ASN yang mengerti tentang IT,” bebernya

BACA JUGA:  DPR Apresiasi Kinerja Polri Berantas Perusahaan Pinjol Ilegal

“Karena saat ini sudah zamannya IT sehingga ASN diharapkan betul-betul mengikuti kegiatan yang dilaksanakan sehingga bisa beradptasi dengan kemajuan teknologi saat ini,” tandasnya.

Bingkai Dispar

Bingkai ekoran dikbud bkad scaled

Rektor Muh. Zamrun Firihu menyampaikan ini bentuk implementasi atas kerjasama yang dilakukan. Semoga kegiatan yang diselenggarakan bisa kersinambunagan sehingga bisa menghasilkan ASN yang mumpuni dan bisa bersaing dengan Pemda yang lain. “Kami membantu sesuai dengan kemampuan yang kami miliki dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM ASN di Kabupaten Buton Utara,” jelasnya.

Pada dasarnya pihaknya siap mendampingi Pemda Buton Utara dalam berbagai aspek salah satunya menyukseskan pembangunan di daerah tersebut. “Sebenarnya banyak kerjasama yang terjalin dengan Pemda Butur dan pelatihan ini adalah salah satunya,” paparnya.

Selain itu, Zamrun mengatakan untuk menyelesaikan masalah di Butur harus direncanakan dengan matang makanya perencanaan itu pihaknya harus di bekali betul-betul dengan ilmu pengetahuan yang bagus khususnya yang berkaitan dengan teknologi informasi. “Pelatihan hari ini fokusnya ada dua yang pertama bagaimana merencanakan dengan baik program-program pembangunan di Butur dan yang kedua bagaimana memanfaatkan teknologi informasi untuk kemudian keberhasilan perencanaan pembangunan di Butur,” tutupnya.

Sekda Butur, Hardhy mengapresiasi langkah Bupati Butur dalam hal meningkatkan kapasitas SDM ASN tentang perencanaan dan penganggaran berbasis sains dan informasi teknologi pada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Setiap OPD dituntut untuk mengetahui pengoperasi IT, sehinga kegiatan ini penting dilaksakan agar setiap OPD bisa memahami tentang perencanaan dan penganggaran,” pungkasnya. (SS/dam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!