Headline News

Pemda Konsel Dianugerahi UHC oleh BPJS Kesehatan RI

Avatar
658
×

Pemda Konsel Dianugerahi UHC oleh BPJS Kesehatan RI

Sebarkan artikel ini
Pemda Konsel Dianugerahi UHC oleh BPJS Kesehatan RI
Ketgam: Bupati Konsel menerima penghargaan UHC Oleh BPJS Kesehatan RI.

KENDARI, SULTRASATU.COM – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dianugerahi penghargaan Universal Health Coverage (UHC) oleh BPJS Kesehatan.

Ketgam Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan RI saat berfoto dalam penyerahan anugerah UHC.
Ketgam: Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan RI saat berfoto dalam penyerahan anugerah UHC.

Penganugerahan itu diberikan langsung oleh Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan RI keberhasilan Pemda Konsel memberikan jaminan sosial khususnya jaminan kesehatan kepada masyarakatnya yang jika presentasekan mencapai 96,70% dari jumlah penduduknya.

Adapun yang menerima penghargaan adalah Bupati Konsel, Surunuddin Dangga disalah satu hotel di Kendari, Kamis, 24 Agustus 2023.

Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan Andy Afdal mengungkapkan, penghargaan UHC ini diakui seluruh dunia sebagai puncak pengabdian secara sosial khususnya di bidang kesehatan.

BACA JUGA:  Konda-Ranomeeto Konsel Diancang-ancang Jadi Kawasan Perkotaan

“Apa yang kita selenggarakan hari ini hanya seremoninya saja, intinya itu, ketika ini diberikan, diimplementasikan dan didapatkan manfaatnya oleh seluruh masyarakat,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya dua daerah di Sultra sebagai penerima UHC, semoga seluruh daerah bisa menyusul.

Bingkai Dispar

Bingkai ekoran dikbud bkad scaled

Dijelaskan, penghargaan UHC diberikan kepada pemerintah daerah yang minimal 95% dari penduduknya telah memiliki jaminan sosial khususnya jaminan kesehatan.

“Penghargaannya tidak terlalu penting, tetapi komitmen dari pemerintah untuk memberikan jaminan itu yang penting. Itu membuktikan bahwa pemerintah punya keinginan kuat untuk memastikan orang yang punya kebutuhan terkait dengan kesehatan bisa dapat,” ungkapnya.

Bupati Konsel Surunuddin mengungkapkan, penghargaan merupakan komitmen pemda selama ini dengan menggunakan APBD untuk kepentingan masyarakat.

Pemda, kata dia, telah menggelontorkan anggaran kurang lebih Rp10 miliar di 2023 baik melalui APBD maupun APBN untuk memberikan jaminan sosial khususnya kesehatan bagi warganya.

“Alhamdulillah, hari ini kami bersama Pemkot Kendari menerima penghargaan dari BPJS Kesehatan. Kita akan terus memaksimalkan anggaran utnuk pelayanan kesehatan warga,” ujarnya.

Selain anggaran, pihaknya juga terus menggenjot pelayanan kesehatan yang maksimal di semua pelayanan kesehatan baik itu di RSUD maupun di Puskesmas.

“Kita berharap jangan ada lagi warga yang dipersulit dalam menerima pelayanan kesehatan di rumah sakit atau di Puskesmas atas jaminan BPJS. Kita berantas oknum yang berani menghambat. Warga yang menggunakan BPJS telah dianggarkan untuk menerima pelayanan kesehatan,” tegasnya.

Diketahui, selain Pemda Konsel, penghargaan serupa juga diterima oleh Pemerintah Kota Kendari.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!