Headline NewsKabar DesaNews

Pemdes Tondowatu Maksimalkan Dana Desa untuk Kesejahteraan Masyarakat Desanya

Avatar
1316
×

Pemdes Tondowatu Maksimalkan Dana Desa untuk Kesejahteraan Masyarakat Desanya

Sebarkan artikel ini
Maksimalkan Dana Desa untuk Kesejahteraan Masyarakat Desa Tondowatu
Ketgam: Kepala Desa Tondowatu Ridwan, SE.

KONAWE UTARA, SULTRASATU.COM – Pemerintah Desa (Pemdes) Tondowatu, Kecamatan Motui, Kabupaten Konawe Utara tengah memaksimalkan pengunaan dana desa tahun 2023 untuk kesejahteraan masyarakat.

Ketgam Penyaluran BLT DD kepada masyarakat yang dilakukan Kepala Desa Tondowatu.
Ketgam: Penyaluran BLT DD kepada masyarakat yang dilakukan Kepala Desa Tondowatu.

Kepala Desa (Kades) Tondowatu Ridwan SE mengatakan, anggaran dana desa yang akan dimaksimalkan berupa program wajib. Seperti penyaluran bantuan langsung tunai (BLT-DD), pengerjaan fisik, penyaluran jamban layak untuk 5 keluarga, pengadaan meteran listrik untuk warga yang belum memiliki sambungan listrik pribad, dan rehabilitas balai desa.

BACA JUGA:  83 KPM Pemdes Wawobende Menyalurkan BLT DD Tahap IV Oktober, November dan Desember
Ketgam Penyaluran jamban layak untuk masyarakat.
Ketgam: Penyaluran jamban layak untuk masyarakat.

“Sedangkan untuk pemberdayaan masyarakat, dana desa akan dimanfaatkan uuntu pembayaran honor imam desa dan taman pengajian Al-Qur’an,” kata Ridwan.

Ketgam Tarpal untuk BUMDES.
Ketgam: Tarpal untuk BUMDES.

Tidak sampai di situ, Pemdes Tondowatu juga memanfaatkan dana desa untuk ketahanan pangan, dengan membagikan bibit sayur untuk tanaman jangka pendek serta bibit pepaya california.

Bingkai Dispar

Bingkai ekoran dikbud bkad scaled

Ketgam Tenda besi untuk BUMDES.
Ketgam: Tenda besi untuk BUMDES.

“Adapula bantuan kepada hunian warga yang kurang layak, berupa pengadaan atap seng kepada 4 orang kepala keluarga. adapun kegiatan lainnya adalah pemberian makanan tambahan dan obat obatan untuk posyandu balita dan juga llansi,” jelasnya.

Berkaitan dengan BLT DD tahun 2023, Pemdes Tondowatu telah rampung menyalurkan bantuan berupa uang tunai kepada 30 keluarga penerima manfaat (KPM).

Adapun penerima BLT-DD adalah mereka yang telah melalui verifikasi yang terdiri dari para lansia, janda, dan dalam kondisi sakit berat.

“Hingga saat ini, pihak kami telah menyelesaikan penyaluran BLT-DD Tahap 1 dan 2 Januari, Februari, Maret April Mei, hingga Bulan Juni,ke 6 (Juni),” ungkap Kepala Desa Ridwan.

Ia pun berharap, ada bantuan pembukaan jalan tani atau rintisan agar dapat menambah luasan wilayahnya yang dapat dimanfaatkan.

“Dengan topologi wilayah yang berbatasan dengan perbukitan batu serta perairan dataran rendah, maka kami sangat berharap ada bantuan ada pembukaan jalan tani,” pungkasnya. (SS/Akbar Sahid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!