Headline News

Pemda Konsel Siapkan Ribuan Hewan untuk Dikurbankan

Avatar
1004
×

Pemda Konsel Siapkan Ribuan Hewan untuk Dikurbankan

Sebarkan artikel ini
Ketgam: Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Konsel, Suwardi saat memberikan keterangan.

KONAWE SELATAN, SULTRASATU.COM – Jelang Idul Adha 1444 H/2023 M, Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan memastikan kecukupan ternak sapi dan kambing kemudian memenuhi standar untuk dikurbankan.

Diketahui Pemda tersebut akan melakukan kurban sapi sebanyak lima ribu ekor dan dua ratus ekor kambing.

Kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Konsel, Suwardi mengungkapkan kecukupan persediaan ternak sapi dan kambing, untuk saat saat ini sangat melimpah hingga dapat memasok kebutuhan daerah sekitar. “Pasalnya, saat ini Konsel juga termasuk sentral penghasilan dan mengalami surplus,” ucapnya, Senin (19/6/2023).

BACA JUGA:  Meriahkan HUT Konsel ke-20, Pemkab Konsel Gelar Karnaval Budaya

Bingkai Dispar

Bingkai ekoran dikbud bkad scaled

Salah satu bukti lain tambahnya dari keberhasilan budidaya ternak sapi adalah pembelian hewan qurban sumbang kepresidenan dari salah seorang peternak dikecamatan Konda, seharga 95 juta rupiah dengan bobot 1 ton.

Adapun untuk pelaksanaan idul qurban 1444 pihaknya juga menjamin kesehatan dan kelayakan halal bagi hewan ternak sapi dan kurban yang diperdagangkan dalam wilayah konsel dan juga diantara daerah dari wilayah konsel kedaerahan lain seperti Kota Kendari.

Olehnya saat ini pihak dinas peternakan telah membentuk tim yang terdiri 5 orang dokter hewan, tenaga penyuluh dan juga UPTD, dengan total 25 orang personil, yang akan mendatangi pedagang penyedia hewan qurban atau pun Kelompok warga yang akan melakukan pemotongan qurban. “Untuk memastikan hewan qurban memenuhi standar kesehatan, berupa bebas penyakit mulut dan kaki telah mendapat vaksin dan tak ada luka ataupun cacat,” tandasnya. (SS/Ed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!