Headline News

Bupati Koltim Ikuti Penas XVI 2023 di Sumbar

Avatar
609
×

Bupati Koltim Ikuti Penas XVI 2023 di Sumbar

Sebarkan artikel ini
Ketgam: Bupati Koltim Ikuti Penas XVI 2023 di Sumbar.

SUMBAR, SULTRASATU.COM – Bupati Koltim Abd Azis SH MH, turut serta mengikuti Pekan Nasional Tani dan Nelayan (Penas) XVI Tahun 2023 di Kota Padang, tepatnya di Lanud Sutan Syahrir, 10-15 Juni 2023.

Di kegiatan ini, bupati bersama Ketua DPRD Koltim Suhaemi Nasir SPd MPd, Kadis Tanaman Pangan dan Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koltim.

Dalam kegiatan ini, Dinas Pertanian Kota Padang menyiapkan 3.000 rumah untuk para peserta, yang tersebar di lima kecamatan yakni Kecamatan Koto Tangah, Padang Barat, Padang Barat, Padang Utara dan Nanggalo.

BACA JUGA:  Ali Mazi Buka Rapat Koordinasi dan Asesmen Kepala SMA dan SMK Sederajat se-Sultra 2023

Menurut Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat, Pemkot Padang mengalokasikan anggaran sebesar 6 Miliar Rupiah untuk pelaksanaan Penas tersebut, baik untuk persiapan lokasi, keamanan, acara kesenian, pameran, pelayanan tamu, hingga pelayanan kesehatan. Sedang jumlah peserta yakni, 35.459 yang terdiri dari peserta utama, peserta pendamping dan peserta peninjau.

Bingkai Dispar

Bingkai ekoran dikbud bkad scaled

Menurut Syahrial Kamat mengatakan peserta utama adalah mereka yang merupakan petani yang tergabung dalam kelompok tani dan peserta pendamping merupakan peserta dari dinas terkait dan peserta peninjau merupakan kepala daerah.

Kegiatan ini mengambil tema “Memantapkan Penguatan Potensi dan Posisi Tawar Komoditi Lokal untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045.“

Penas ini, dibuka Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, dihadiri petani dan nelayan dari seluruh Indonesia termasuk gubernur, bupati dan wali kota. Penas merupakan forum pertemuan yang telah berlangsung sejak 1971, dan menjadi bagian yang strategis dalam upaya membangun kesepahaman diantara berbagai pemangku kepentingan sektor pertanian maupun perikanan. (Diskominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!