Metro KotaNewsPemerintahan

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Bumdes Konsel Ikut Pelatihan

Avatar
938
×

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Bumdes Konsel Ikut Pelatihan

Sebarkan artikel ini

KENDARI, SULTRASATU.COM – Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat, Badan Usaha Milik Desa (Bundes) di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) mengikuti pelatihan.

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Bumdes Konsel Ikut Pelatihan

Dalam kegiatan tersebut, Bumdes Kabupaten Konsel bekerja sama dengan lembaga peningkatan mutu dan pembangunan daerah.

Direktur pengembangan kelembagaan ekonomi dan investasi dan investasi kementerian desa, FX Nughoro Setijo Nagoro menjelaskan bahwa Bumdes harus mampu meningkatkan pendapatan masyarakat.

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Bumdes Konsel Ikut Pelatihan

Tak hanya itu, ia juga menekankan bahwa Bumdes harus mampu membuka lapangan kerja atau bisnis, agar bisa memperkerjakan masyarakat. “Ketika Bumdes dapat dikelola atau dibangun dengan bagus, maka otomatis dapat mengurangi angka pengangguran,” jelasnya saat membuka pelatihan di salah satu hotel yang ada di Kendari, Rabu, (28/12/2022).

Namun, Bumdes harus memiliki badan hukum. Ketika memiliki legalitas maka perbankan akan percaya. Sehingga di dalamnya ada yang bertanggungjawab ketika ada kerugian atau masalah. “Tidak berlebihan badan hukum harus menjadi prioritas,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Nugroho juga menyampaikan tata cara membangun Bumdes, sehingga bisa menjadi percontohan. “Seperti di Batu, Malang. Mereka membuka cafe di tengah persawahan. Pendapatan dalam satu bulan bisa mencapai puluhan juta,” bebernya.

Dengan demikian, Nugroho berharap masyarakat yang mengikuti pelatihan yang diselenggarakan dapat membuka cakrawala atau inisiatif masyarakat untuk menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat lainnya. “Apa yang menjadi potensi di daerahnya dikembangkan dengan baik sehingga dapat menghasilkan atau meningkatkan ekonomi masyarakat,” tandasnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut diikuti 180 orang dari 110 desa 14 kecamatan se-Kabupaten Konsel. Dan kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari, mulai senin, 26 Desember sampai kamis 29 Desember 2022. (SS/Ed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!