Metro Kota

Polda Sultra Gelar Latihan VIP Protection Pengamanan Pilkada 2024

Redaksi Sultrasatu
1461
×

Polda Sultra Gelar Latihan VIP Protection Pengamanan Pilkada 2024

Sebarkan artikel ini
Kepala Biro Operasional (Karoops) Polda Sultra, Kombespol Tumpal Damayanus, S.H., M.H.

KENDARI, SULTRASATU.COM- Biro Ops Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar latihan VIP Protection dalam rangka pengamanan Calon Kepala Daerah untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Biro Operasional (Karoops) Polda Sultra, Kombespol Tumpal Damayanus, S.H., M.H., dan diikuti oleh 180 personel dari berbagai satuan di Polda Sultra, Senin 8 Juli 2024.

Latihan ini menghadirkan pemateri dan pelatih dari Direktorat Pengamanan Objek Vital (Ditpamobvit), Direktorat Intelijen dan Keamanan (Ditintelkam) serta Satuan Brimob Polda Sultra.

Materi yang diberikan dalam latihan ini mencakup penanganan ancaman terhadap VIP, taktik dan strategi pengamanan VIP, prosedur evakuasi VIP, serta penggunaan alat-alat khusus untuk pengamanan VIP.

BACA JUGA:  Diperintahkan Bupati Sesuai Surat Perintah Tugas, Kasatpol PP Konsel Ikuti Diklat Peningkatan Managerial Kompetensi Pol PP di Mega Mendung Bogor 

Kombespol Tumpal Damayanus menuturkan tujuan dari latihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan personel Polda Sultra dalam melakukan pengamanan terhadap VIP, khususnya Calon kepala daerah pada Pilkada 2024.

Bingkai Dispar

Bingkai ekoran dikbud bkad scaled

Dengan pelatihan ini, diharapkan personel Polda Sultra dapat memberikan pengamanan yang maksimal dan profesional kepada VIP, sehingga Pilkada 2024 dapat berjalan dengan aman dan kondusif.

VIP Protection sendiri merupakan kegiatan pengamanan yang dilakukan terhadap orang-orang penting, seperti pejabat negara, pejabat tinggi negara, tamu negara, dan lain sebagainya.

Pengamanan VIP Protection bertujuan untuk melindungi VIP dari berbagai ancaman, seperti penculikan, pembunuhan, dan terorisme.

Tugas ini sangat penting dan kompleks karena membutuhkan keahlian dan keterampilan khusus.

Personel yang bertugas melakukan VIP Protection harus memiliki kemampuan fisik yang prima, kemampuan analisa yang tajam, dan kemampuan komunikasi yang baik.

“Dengan adanya latihan VIP Protection ini, personel diharapkan dapat meningkatkan kemampuan personelnya dalam melakukan pengamanan terhadap VIP, sehingga Pilkada 2024 dapat berjalan dengan aman dan kondusif, ” pungkasnya. (SS/Ed)

error: Content is protected !!