Headline News

Asisten III Pemprov Sultra Menyebut Pengelolaan Tambang PT GKP Patut Dijadikan Contoh

Avatar
829
×

Asisten III Pemprov Sultra Menyebut Pengelolaan Tambang PT GKP Patut Dijadikan Contoh

Sebarkan artikel ini
Ketgam: Pemprov Sultra saat melaksanakan kunjungan kerja di PT GKP.

KENDARI, SULTRASATU.COM – Asisten III Pemprov Sultra, Sukanto menyebut bahwa pengelolaan tambang PT Gema Kreasi Perdana (GKP) patut dijadikan contoh bagi perusahaan-perusahaan tambang lain di bumi Anoa.

Pasalnya, pengelolaan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan itu telah memenuhi standar kegiatan pertambangan yang baik dan benar.

Sukanto mengatakan kehadiran di site PT GKP di roko-romo Wawoni, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) untuk melihat langsung aktivitas dan kegiatan pertambangan, karena beberapa hari sebelumnya marak disampaikan bahwa aktivitas GKP telah mencemari lingkungan. “Kami datang langsung ke lokasi, karena kami ingin menyaksikan seperti apa kegiatan pertambangan di sana. Apakah benar telah mencemari lingkungan, apakah benar kegiatan pertambangan telah menyalahi prosedur kegiatan pertambangan yang semestinya. Kita ingin melihat langsung, tidak hanya sekedar mendapatkan laporan, sehingga lebih fair dalam melakukan penilaian,” bebernya, Jumat (9/6/2023).

Bingkai Dispar

Bingkai ekoran dikbud bkad scaled

Pihaknya memberi apresiasi atas kegiatan pertambangan yang dilakukan PT GKP. Karena dalam pantauan langsung mereka, kegiatan pertambangan yang dilakukan PT GKP, sudah memenuhi standar kegiatan pertambangan yang baik dan benar.
“Secara prinsip, apa yang dilakukan PT GKP, kami melihat sangat baik. Baik untuk pengelolaan penataan ruang kawasan pertambangan sangat baik. Sudah memenuhi kaidah good mining practice.

Bahkan apa yang dilakukan PT GKP ini, harus menjadi contoh bagi perusahaan tambang lain di Sultra,” paparnya.

Ketika PT GKP tidak hanya fokus pada menjaga kualitas aspek operasional tambang saja, tetapi juga pro-aktif dan berkontribusi besar dalam pelibatan, serta pemberdayaan masyarakat sekitar. “PT GKP juga peduli dengan agenda pengembangan dan pemberdayaan masyarakat sekitar. Ke depan, saya berharap, agenda CSR PT GKP dapat lebih terintegrasi dengan agenda-agenda program dari Pemerintah Daerah Konkep, agar program CSR perusahaan ini bisa semakin tepat sasaran dan
berkelanjutan,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan Kabiro Hukum Setprov, Syafril. Dikatakannya hal-hal baik yang sudah dilakukan GKP dalam pengelolaan pertambangan, harus ditularkan kepada perusahaan-perusahaan tambang lainnya, sehingga aktivitas pertambangan di Sultra bisa tertata dengan baik. (SS/dam)

BACA JUGA:  Cegah Peredaran Narkotika Meluas, Pemkot Akan Menerapkan Perda Narkotika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!