Headline News

Panen Raya Padi di Desa Silea Jaya, Bupati Konsel: Berkah Bagi Kita Semua

Avatar
462
×

Panen Raya Padi di Desa Silea Jaya, Bupati Konsel: Berkah Bagi Kita Semua

Sebarkan artikel ini
Ketgam Foto Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga saat panen raya padi sawah di Kecamatan Buke.
Ketgam: Foto Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga saat panen raya padi sawah di Kecamatan Buke.

KONAWE SELATAN, SULTRASATU.COM – Bupati Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga melakukan panen raya padi sawah bersama petani di Desa Silea Jaya, Kecamatan Buke pada Rabu (25/10/2023).

Bupati Konawe Selatan dua periode ini mengatakan, panen raya ini merupakan sebuah keberkahan mengingat di tengah musim kemarau dengan ancaman kekeringan sawah di wilayahnya masih bisa melakukan panen raya.

“Alhamdulillah di tengah ancaman kekeringan petani di Kecamatan Buke dan wilayah kecamatan lainnya masih bisa melakukan panen. Ini merupakan berkah bagi kita semua,” kata Surunuddin dalam sambutannya.

Menurut politisi Partai Golkar ini, panen tahun ini hasilnya akan baik mengingat harga gabah sedang tinggi akibat kemarau panjang yang saat ini melanda hampir seluruh wilayah Indonesia.

BACA JUGA:  Korban yang Dimangsa Buaya di Desa Roraya Tinanggea Berhasil Ditemukan

Untuk itu, guna meningkatkan produksi panen dalam kondisi kekeringan, ia meminta kepada seluruh stakeholder hingga kepala desa berkolaborasi.

“Untuk memenuhi kebutuhan air, saya minta seluruh instansi terkait untuk bekerjasama. Bahkan para kepala desa kami bolehkan gelontorkan anggaran Dana desa untuk membangun sarana pengairan dan lainnya untuk kebutuhan masyarakat,” perintah Surunuddin.

Bingkai Dispar

Bingkai ekoran dikbud bkad scaled

Surunuddin juga memberikan apresiasi kepada para penyuluh pertanian di Konawe Selatan. Ia memberikan bantuan kendaran operasional roda dua bagi para kepala penyuluh sejumlah 25. Ia juga memberikan bantuan pupuk cair bagi kelompok-kelompok tani desa setempat.

“Selain untuk memenuhi kebutuhan kita, Konawe selatan juga ini di ketahui sebagai kabupaten penyanggah pangan. Olehnya itu kita akan selalu maksimalkan,” pungkasnya.

Kepala DTHP, Yesna mengatakan, padi sawah yang dipanen hari ini seluas 70 hektar yang dikelola tiga kelompok tani. Dari total luas areal sawah keseluruhan 283 hektar.

“Setelah ini, mungkin dua atau tiga minggu kedepan akan menyusul lagi panen seluas 170 hektar,” sebutnya.

Sejumlah wilayah di Kabupaten Selatan masih bisa melakukan panen raya padi sawah, meski di tengah ancaman kekeringan dengan adanya fenomena El Nino.

Untuk diketahui, sawah yang di panen ini merupakan sawah binaan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Konawe Selatan.

Panen ini juga dihadiri Kajari Herlina Rauf, Kapolres AKBP Wisnu Wibowo, Ketua Kadin Konsel Adi Jaya Putra, Perwakilan BWS Sultra, serta sejumlah kepala OPD, penyuluh pertanian dan kelompok tani desa setempat.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!