Metro Kota

RSUD Kota Kendari Naik Tipe dari C ke B

Avatar
2050
×

RSUD Kota Kendari Naik Tipe dari C ke B

Sebarkan artikel ini

KENDARI, BKK – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari berhasil naik tipe, dari C menjadi B setalah melalui proses verifikasi dan penilaian Kementrian Kesehatan (Kemenkes) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Temnggara (Sultra).

Wali Kota Kendari H Sulkarnain, Kamis (25/8/2022) mengatakan, dengan naiknya tipe RSUD Kendari, maka struktur berubah. Dimana sekarang, ada satu 1 Direktur dan 2 Wakil Direktur. Sehingga otomatis, Ditektur RSUD Kendari saat masih tipe C yang di Jabat dr Sukirman kini menjadi wakil direktur sekaligus pelaksana tugas (plt) Direktur.

“Alhamdulillah hari ini kita sudah mengisi posisi struktur yang tentu berubah setelah naik tipe. Strukturnya sekarang direktur dan 2 wakil direktur. Tapi, direkturnya belum bisa dilantik karena ini statusnya eselon II yang kemudian harus melalui proses assessment,” jelas Sulkarnain.

Sehingga lanjut Sulkarnain, dirinya sudah memerintahkan Sekretaris Kota (Sekot) Kendari Ridwansyah Taridala untuk segera dibentuk tim untuk melakukan assessment guna mengisi jabatan Direktur RSUD Kota Kendari.

Sementara, dr Sukirman menjelaskan, awal mulanya RSUD bisa naik tipe, karena keinginan bersama Pemkot Kendari ingin menaikan status rumah sakit. Apalagi, dalam Peraturan Kemenkes, bahwa RS yang mempunyai bad (tempat tidur) lebih dari 200 bisa naik tipe.

“Dari situlah kita mulai proses supaya naik level, karena kan beberapa terakhir ini tempat tidur kita di RSUD Kendari sudah lebih dari 200. Alhamdulillah, melali verifikasi dan penilaian Kemenkes dan Dinkes Sultra bisa memenuhi untuk naik tipe,” jelas Sukirman.

Alasan lain, kata Sukirman mengapa RSUD Kendari kini naik tipe, karena sumber daya manusia (SDM) sudah semakin banyak. Sehingga, menurut verifikasi dari kemenkes, maka disepakati lah naik tipe.

“SDM kita semakin banyak. Dokter spesialis juga bertambah, mulai dari dokter urologi, ortopedi, bahkan dokter jiwa juga sudah ada. Kalau dijumlahkan, sudah lebih dari 12 dokter spesies di RSUD Kota Kendari. Tinggal cari lagi dokter sub spesialis,” beber Sukirman.

Diketahui, Wakil Direktur Umum dan Keuagan setelah RSUD Kendari naik tipe ke B untuk menemani dr Sukirman sebagai Wakil Direktur Pelayanan RSUD Kendari adalah Syarif B (MEI).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!