Headline NewsNews

Kapolda Sumut Meraih Penghargaan KLHK atas Peran Aktif Upaya Perlindungan dan Rehabilitasi Mangrove

Avatar
748
×

Kapolda Sumut Meraih Penghargaan KLHK atas Peran Aktif Upaya Perlindungan dan Rehabilitasi Mangrove

Sebarkan artikel ini
Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, menerima penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutahan Republik Indonesia.

JAKARTA, SULTRASATU.COM – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia memperingati Hari Bakti Rimbawan ke-40 Tahun 2023 di Auditorium DR. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (16/3/2023).

Dalam acara peringatan itu pun dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong serta para pejabat lainnya.

Pada kesempatan itu, Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, menerima penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutahan Republik Indonesia.

Penghargaan berupa piagam yang diterima Kapolda Sumut atas peran aktif dalam upaya perlindungan dan rehabilitasi mangrove. Piagam itu pun diserahkan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

BACA JUGA:  Gelar Jum'at Curhat di Desa Lambue, Polsek Morut Minta Warga Rapat Sosialisasi Bahaya Narkoba

Usai menerima penghargaan, Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, mengatakan penanaman mangrove bagian dari bentuk tanggung jawab untuk melestarikan alam, menjaga ekosistem, dan langkah mitigasi bencana.

Panca menyebutkan, penanaman mangrove untuk melestarikan dan menjaga keseimbangan ekosistem alam. Selain itu, juga melestarikan sumber daya terhadap setiap aktivitas yang akan mengancam kerusakan lingkungan, sumber daya laut, pesisir pantai.

“Sehingga dapat mengembalikan ekosistem yang telah rusak dan kita wariskan kepada anak cucu kita kelak,” sebutnya penanaman mangrove langkah strategis dalam memberikan perhatian khusus pada lingkungan.

Bingkai Dispar

Bingkai ekoran dikbud bkad scaled

“Selain itu dapat mengoptimalkan hasilnya serta untuk wisata alam. Penanaman pohon mangrove ini juga untuk bermanfaat untuk mengatasi abrasi di lingkungan masyarakat pesisir, Dengan adanya program penanaman mangrove ini masyarakat akan mendapat manfaatnya,” harap Irjen Panca.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, menyampaikan pada peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-40 Tahun 2023 mengusung tema “Hijaukan Bumi, Birukan Langit.”

“Tema ini mengandung makna makna reflektif/evaluasi atas apa yang telah kita lakukan bersama sebagai Rimbawan. Senantiasa ada dalam benak kita tentang peran hutan sebagai elemen dan struktur pembentuk bentang alam dan lingkungan yang perlu senantiasa kita jaga dan rawat bersama,” sebutnya.

Siti menambahkan, Indonesia sebagai pemilik hutan tropis terbesar ketiga di dunia mempunyai arti sangat penting dalam upaya
pengendalian iklim global. Hutan merupakan kunci untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, mendinginkan udara dan melindungi kita dari kekeringan, panas ekstrem, dan banjir yang disebabkan oleh kerusakan

“Diharapkan pada peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-40 kita semua dalam menjaga kelestarian alam di Indonesia. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh mitra termasuk Polri yang telah bekerja menjaga kelestarian alam dan memberikan masukan serta pola-pola pencegahan yang sangat dibutuhkan oleh pemerintah,” pungkasnya. (SS/Ed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!