AdvertorialKabar DesaNews

Ini Sejumlah Terobosan Pengunaan Dana Desa di Pemdes Opaasi, Ada Bantuan Beasiswa

Avatar
1183
×

Ini Sejumlah Terobosan Pengunaan Dana Desa di Pemdes Opaasi, Ada Bantuan Beasiswa

Sebarkan artikel ini
Ketgam: Pemdes Opaasi menyerahkan bantuan bibit sawit.
Ketgam: Pemdes Opaasi menyerahkan bantuan bibit sawit.

Advertorial

KONAWE SELATAN, SULTRASATU.COM – Sejumlah terobosan dilakukan pemerintah Desa (Pemdes) Opaasi Kecamatan Ranomeeto Barat Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), dalam pemanfaatan dana desa (DD) anggaran tahun 2023.

Ketgam Menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT-DD) kepada masyarakat Desa Opaasi.
Ketgam: Menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT-DD) kepada masyarakat Desa Opaasi.

Sejumlah terobosan yang dimaksud adalah pemberian beasiswa bagi siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan juga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Kepala Desa Opaasi, Muslan mengatakan, bantuan beasiswa diberikan kepada pelajar desa yang berstatus yatim piatu. Tujuanya, selain untuk kemanusiaan, juga untuk bantuan dari segi ekonomi.

Ketgam Masyarakat Desa Opaasi saat menerima bantuan bibit ikan lele dan nila.
Ketgam: Masyarakat Desa Opaasi saat menerima bantuan bibit ikan lele dan nila.

“Saat ini ada 9 orang yang terdaftar dan mendapatkan bantuan beasiswa dari dana desa sebesar Rp750.000 per tahunnya bagi tiap orang pelajar penerimaan,” ujar Muslan kepada jurnalis SULTRASATU.COM, Sabtu, 29 Juli 2023.

BACA JUGA:  Peduli Pendidikan, Bupati Konut Beri Inspirasi dan Motivasi dalam Milad Fakultas Agama Islam UM Kendari

Muslan juga menjelasnya, bahwa pihak desa juga menyalurkan bantuan berupa pembuatan sumur gali untuk 10 keluarga, pembuatan jamban pada 8 keluarga, dan 7 keluarga penerima kilometer listrik (KWH).

Ketgam Pembangunan RTLH untuk masyarakat Desa Opaasi.
Ketgam: Pembangunan RTLH untuk masyarakat Desa Opaasi.

“Ada juga bantuan RTLH (rumah tidak layak huni) sebanyak 3 unit, pemberian bantuan bibit sawit sebanyak 1.500 pohon, bibit kelapa sawit sebanyak 1.500 bibit, dan bibit ikan Lele dan Nila sebanyak 40 ribu ekor,” beber Muslan.

Tidak hanya itu, beberapa terobosan lain, adalah pihak desa telah membentuk badan usaha milik desa (BUMDES) yang bergerak penyewaan tenda dan kursi untuk kegiatan pesta dan pangkalan gas elpiji bersubsidi.

Ketgam Masyarakat menerima bantuan kilometer listrik KWH Pemdes Opaasi.
Ketgam: Masyarakat menerima bantuan kilometer listrik KWH Pemdes Opaasi.

“Dengan berbagai terobosan yang ada, diharapkan warga Desa Opaasi dapat lebih mandiri secara ekonomi dan sosial. Terlebih, dengan usia terbentuknya Desa Opaasi yang telah berusia 26 dapat meningkatkan taraf hidup dengan ketersediaan fasilitas yang dibangun melalui dana desa,” ucapnya.

Selain terobosan di bidang pembangunan, Pemdes Opaasi juga memberikan bantuan untuk program stunting, berupa pemberian tablet penambah darah untuk remaja, makanan tambahan untuk ibu hamil, balita dan juga anak yang dilakukan oleh kader posyandu.

Ketgam Masyarakat menerima bantuan kilometer listrik KWH Pemdes Opaasi.

Sementara, untuk pemberdayaan masyarakat, pihak desa telah memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada 27 keluarga penerima manfaat (KPM) yang disaksikan secara langsung ,Polsek Ranomeeto, Bripka Dody.S,Babinkamtibmas,dan, Serma Roni Banbinsa Koramil 1417-09 Ranomeeto.

Ketgam Masyarakat menerima bantuan kilometer listrik KWH Pemdes Opaasi.

“Kita juga telah memberikan honor kepada kader posyandu 13 orang, guru mengaji 4 orang, dan guru paud 1 orang,” tutup Kepala Desa Opaasi, Muslan. (SS/Ed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!