Metro Kota

Ekspose 4 Tahun Ali Mazi-Lukman Abunawas, Begini Paparan Capaian Pembangunan Sultra

Avatar
1761
×

Ekspose 4 Tahun Ali Mazi-Lukman Abunawas, Begini Paparan Capaian Pembangunan Sultra

Sebarkan artikel ini
Ketgam : Kegiatan Ekspose 4 tahun masa kepemimpinan H. Ali Mazi, SH dan DR. H. Lukman Abunawas, SH, MH

KENDARI, SULTRASATU. COM – Melalui kegiatan evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik yang bertajuk Ekspose 4 tahun masa kepemimpinan H. Ali Mazi, SH dan DR. H. Lukman Abunawas, SH, MH memaparkan capaian pembangunan selama menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Wakil Gubernur Sultra, periode 2018-2023, di salah satu hotel di kota Kendari, Senin (5/9/2022).

Gubernur Sultra, Ali Mazi menyampaikan, sebagian besar program dan kegiatan baik yang bersifat prioritas maupun yang bersifat unggulan telah berjalan dengan baik sesuai dengan amanah rpjmd, meskipun diperhadapkan pada berbagai tantangan dan kendala, diantaranya keterbatasan anggaran pendapatan dan belanja daerah serta pandemi covid-19 yang belum sepenuhnya berakhir.

Khusus program unggulan berupa pembangunan 3 infrastruktur, hingga tahun keempat ini tetap berjalan dengan baik, yakni pembangunan jalan Kendari menuju kawasan Wisata Toronipa sepanjang 14,6 KM sudah mencapai 90%.

BACA JUGA:  Kepala TPI Sodohoa Pastikan Stok Ikan Aman Hingga Oktober Mendatang

“Pembangunan gedung perpustakaan modern sebanyak 7 lantai sudah rampung, kini tinggal menunggu peresmian,” kata Ali Mazi saat membawa sambutan, di salah satu Hotel Kendari, Senin (5/9/2022).

Ali membeberkan, pembangunan gedung Rumah Sakit jantung, pembuluh darah dan otak Oputa Yi Koo sebanyak 17 lantai kini sudah mencapai 80%.

“Diharapkan 3 mega proyek tersebut rampung akhir tahun ini, agar memasuki tahun 2023 sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” beber Ali Mazi.

Bingkai Dispar

Bingkai ekoran dikbud bkad scaled

Lanjut, Orang Nomor satu di Sultra itu menjelaskan, pemerintah provinsi juga fokus dalam pembangunan dan infrastruktur dasar, berupa, jalan, dermaga, sarana dan prasana (sarpras) pendidikan, serta infrastruktur lainnya.

Khusus pembangunan dan pembenahan jalan, difokuskan pada wilayah perbatasan antar daerah, untuk meningkatkan koneksi antar wilayah dan aksesibilitas yang baik dalam mendukung pergerakan orang dan barang.

“Pada tahun 2021, sejumlah jalan penghubung batas antar wilayah kabupaten dalam provinsi Sultra direhabilitasi dengan menggunakan dak provinsi Sultra sebanyak 107 milyar rupiah. pada tahun 2022 ini, program perbaikan jalan penghubung antar kabupaten tersebut dilanjutkan pada sejumlah wilayah,” jelas Ali Mazi.

Dari total ruas jalan di Sultra sepanjang 12.864,84, (dua belas ribu delapan ratus enam puluh empat koma delapan puluh empat) kilometer, yang merupakan kewenangan pemerintah provinsi sepanjang 1.009,28 (seribu sembilan koma dua puluh delapan) kilometer,

“Telah diaspal dengan baik, sepanjang 733,85 KM (tujuh ratus tiga puluh tiga koma delapan puluh lima Kilometer). Dan belum diaspal, sepanjang 271,34 KM (dua ratus tujuh puluh satu koma tiga puluh empat kilometer) (masih dalam tahap perbaikan dan akan segera dituntaskan),” ujar Ali Mazi.

Menurutnya, berdasarkan data yang di miliki dinas sumber daya air dan bina marga provinsi Sultra, SAAT INI + 271 KM jalan yang rusak terdapat di 11 Kabupaten/Kota se Sultra, yakni kota Kendari, Kab. Konawe, Konawe Utara, Konawe Selatan, Konawe Kepulauan, Kolaka Timur, Kolaka, Kolaka Utara, Buton, Buton Utara, dan Kabupaten Muna.

“Kami menyadari sepenuhnya, bahwa kemajuan pembangunan yang dicapai saat ini, berkat adanya dukungan dan partisipasi berbagai pihak baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah,” pungkasnya. (AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!