Headline News

Bupati dan Wakil Bupati Konsel Hadiri Festival Budaya Bali PHDI Season 2

Avatar
882
×

Bupati dan Wakil Bupati Konsel Hadiri Festival Budaya Bali PHDI Season 2

Sebarkan artikel ini
Ketgam: Bupati Konsel Surunuddin Dangga usai memukul gong tanda festival budaya Bali dimulai.

ADVERTORIAL

KONAWE SELATAN, SULTRASATU.COM – Bupati Konawe Selatan (Konsel) Surunuddin Dangga dan Wakil Bupati Konsel Rasyid menghadiri dan mengikuti festival budaya Bali season dua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Minggu, 6 Agustus 2023.

Ketgam: Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga, ST., MM (kiri) bersama Wakil Bupati Konsel, Rasyid S.Sos M.Si (kanan)

Acara dilaksanakan di alun-alun Pemda Konawe Selatan dengan tema “Bersama Kita Hebat Konsel Kita Maju” yang dihadiri ribua masyarakat khususnya warga Bali yang berada di Konsel.

Bupati Konawe Selatan, H Surunuddin Dangga mengatakan, festival budaya bali bagian untuk meningkatkan dan membangkitkan keberagaman di Konawe Selatan. Apalagi, Konsel adalah miniatur Indonesia.

Ketgam: Sekda Konsel Hj St Chadidjah,S.Sos.,M.Si dan  dihadiri para kepala OPD lingkup Pemda Konsel , camat dan desa.

“Pemerintah Konawe Selatan menyambut baik festival ini, karena kegiatan ini juga merupakan ajang silahturahmi kita semua. Sehingga diharapkan dapat menjaga persatuan dan kesatuan antar sesama masyarakat,” ungkap Surunuddin.

BACA JUGA:  Pemkot Kendari Serahkan LKP Kendari pada BPK RI Tahun 2023

Ketgam: Bupati Konsel menyalami masyarakat sekitar di festival budaya Bali.

Pembimas Hindu Sulawesi Tenggara, I Komang Sukeyasa mengapresiasi kegiatan yang dilakukan. Pasalnya, festival budaya sangat bagus untuk mengingatkan dan membangkitkan kembali rasa cinta generasi muda terhadap budayanya.

“Momen yang baik, apalagi kegiatan ini dilaksanakan pada saat bulan kemerdekaan, tentu ini menjadi penyelarasan antara dharma agama dan dharma negara,” ungkapnya.

Bingkai Dispar

Bingkai ekoran dikbud bkad scaled

Sementara, Ketua panitia festival budaya, Wayan Suliadnya menyampaikan, festival budaya konsisten dilakukan untuk melestarikan budaya Bali di tanah rantau, serta menguatkan keberagaman yang dimiliki di Konawe Selatan.

“Total peserta 1.963 orang dari berbagai item kegiatan, semoga kegiatan seperti ini bisa selalu konsisten untuk dilaksanakan,” ujar Wayan Suliadnya.

Menurut Wayan, festival budaya menampilkan beberapa keindahan dan keunikan kultur budaya Bali di antaranya, lomba baleganjur atau biasa dikenal dengan lomba alat musik kesenian Bali, lomba gebokan, tari kolosal serta fashion show busana adat Bali.

“Kegiatan ini sangat meriah dan antusias masyarakat Bali untuk mengikutinya, giat juga menampilkan tarian kolosal para Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) se-Konawe Selatan yang memenuhi lapangan lokasi kegiatan,” jelasnya.

Ketgam: Penyerahan bantuan peralatan menjahit kelompok WHDI se-Konsel.

Untuk diketahui dalam festival ini turut hadir Wakil Bupati Konsel Rasyid, Sekda Hj. St Chadidjah bersama jajaran OPD, anggota DPRD Konsel, Ketua Kadin Konsel Adi Jaya Putra, Ketua FKUB, pemerintah tingkat kecamatan, desa/kelurahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, instansi vertikal, dan sejumlah lembaga dan tokoh yang ada di Sultra utamanya Konawe Selatan, serta pihak terkait lainnya.

Diketahui, festival budaya sudah pernah terlaksana di Konawe Selatan, tepatnya di Desa Jati Bali, Kecamatan Ranomeeto Barat. Saat ini kegiatan difokuskan di Andoolo, Ibu Kota Konawe Selatan. (SS/B-yu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!