Headline News

Berlangsung Khidmat, Bupati Konut dan Jajaran Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Avatar
758
×

Berlangsung Khidmat, Bupati Konut dan Jajaran Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Sebarkan artikel ini
Ketgam: Foto Bupati Konut H Ruksamin saat menjadi pembina upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023.

KONAWE UTARA, SULTRASATU.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara ( Konut) mengelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2023.

Ketgam: Pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023.

Upacara berlangsung khidmat yang dihadiri langsung oleh Bupati Konut H. Ruksamin besama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta tokoh-tokoh masyarakat di Kabupaten Konawe Utara, 1 Oktober 2023.

Bupati Konut H Ruksamin dalam sambutanya mengatakan hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tahunnya memiliki makna, yaitu rakyat Indonesia dapat memahami sejarah bangsa ini, bahwa begitu pula pentingnya peran Pancasila sebagai landasan bernegara Indonesia dan falsafah hidup bangsa.

Bingkai Dispar

Bingkai ekoran dikbud bkad scaled

Ketgam: Foto Jajaran Pemda Konut saat mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023.

“Nilai-nilai Pancasila telah mengakar menjadi kepribadian bangsa Indonesia sejak dulu hingga kini, maka kesaktian tersebut memiliki makna penting bahwa Pancasila adalah dasar negara yang tidak boleh diubah oleh siapapun dan bersifat final sesuai Ketetapan MPR No XVIII/MPR/1998,” jelas Ruksamin.

Menurutnya, Hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 1 Oktober 2023 dengan tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju, dapat dijadikan momentum untuk menumbuhkan kembali rasa nasionalisme dan patriotisme kita yang cenderung mulai luntur.

“Nilai-nilai utama dalam butir-butir Pancasila kita maknai sebagai semangat untuk membangun kembali jati diri bangsa,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Bupati 2 periode itu menekankan, bahwa Pancasila sebagai dasar negara merupakan hasil kesepakatan bersama para Pendiri Bangsa yang kemudian dikenal sebagai sebuah Perjanjian Luhur bangsa Indonesia.

“Untuk itu, saya mengajak kepada kita semua, mari kita terus jaga Pancasila agar tetap menjadi Dasar Negara Republik Indonesia sebagai wujud untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan revolusi yang gugur dalam mempertahankan Pancasila ,G30SPKI,” tutupnya. (SS/MEI)

BACA JUGA:  Bupati Konsel Terima Lencana Bakti Transmigrasi dan Piagam Penghargaan dari Kemendes PDTT RI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!