News

Bantu Warga Buatkan Sumur Bor, Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat Apresiasi PT GKP

Avatar
959
×

Bantu Warga Buatkan Sumur Bor, Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat Apresiasi PT GKP

Sebarkan artikel ini
Ketgam: Salah seorang warga saat ambil air di sumur yang dibuatkan PT. GKP.

KENDARI, SULTRASATU.COM – Usai memberikan bantuan dan penanganan cepat terhadap permasalahan air bersih di Desa Sukarela Jaya dan Dompo-dompo Jaya, PT Gema Kreasi Perdana (GKP) kini fokus pada penyelesaian sumber air bersih masyarakat melalui sumur bor.

Aktivitas penggalian sumur bor mulai
dilakukan sejak 16 Mei 2023. Saat ini, tim sedang melakukan penggalian sumur bor yang akan dialirkan untuk Desa Dompo-dompo Jaya. “Rencananya, ada dua sumur yang digali. Satu sumur akan dialirkan untuk Desa Sukarela Jaya dan satu lagi untuk Desa Dompo-dompo Jaya. Saat ini sedang dikerjakan satu sumur bor,” kata Marlion koordinator Humas PT GKP, Minggu, 21 Mei 2023.

Sumber air dari sumur bor tersebut tambahnya akan menjadi alternatif sumber air jika sumber air dari mata air yang digunakan warga mengalami kekeruhan. Terlebih lagi, saat ini sedang memasuki musim hujan. Namun, saat kondisi tidak hujan dan mata air jernih, maka sumber utama air bersih yang dikonsumsi warga tetap berasal dari mata air.

Saat ini, kondisi air sudah kembali pulih. PT GKP bersama pemerintah desa dan masyarakat bersinergi melakukan perbaikan dan pengelolaan sumber air yang sebelumnya sempat keruh akibat curah hujan tinggi. “Namun, saat ini sudah kembali pulih usai dilakukan perbaikan dan pengecekan sumber air,” bebernya.

BACA JUGA:  Masyarakat Konawe Dihibur Iwan Fals Malam Puncak Penutupan HUT Konawe Gemilang

Meski kejadian air keruh di musim hujan kerap terjadi setiap tahun, tetapi menurut Marlion, perusahaan tergerak untuk membantu melakukan pemulihan dengan cepat. Selain karena air adalah kebutuhan vital warga dan harus segera diatasi, PT GKP selalu berkomitmen pada prinsip utamanya, yakni masyarakat adalah bagian yang tidak terpisahkan dari perusahaan. “Karenanya, persoalan yang dihadapi di masyarakat, maka perusahaan tergerak untuk memberikan bantuan,” jelasnya.

Samaga, Kepala Desa Sukarela Jaya menyampaikan apresiasi atas sinergi dan kerjasama pihak perusahaan bersama pemerintah desa dan masyarakat, dalam mengatasi masalah air bersih ini.

Melalui sinergi tersebut, persoalan air bersih dapat segera tertangani, dan kini masyarakat bisa kembali menikmati air bersih. “Alhamdulillah, sekarang kondisi air sudah normal. Apalagi perusahaan juga sudah menyiapkan sumber alternatif melalui sumur bor,” ucapnya.

Sumur bor merupakan pilihan alternatif jika mata air yang menjadi sumber utama mengalami masalah. Namun jika mata air normal, maka sumber utama air bersih masyarakat, tetap berasal dari mata air yang selama ini dipergunakan masyarakat.

Muhammad Ali, tokoh masyarakat Desa Sukarela Jaya, memberi apresiasi atas gerak cepat perusahaan dalam mengatasi persoalan air bersih. Apalagi kini sudah disiapkan sumber alternatif dari sumur bor. “In shaa Allah ini (sumur bor) sangat bermanfaat, apalagi saat musim hujan,” paparnya.

Hal senada juga disampaikan tokoh masyarakat Dompo-dompo Jaya, Abdul Jalil. Menurutnya, sumur bor sebagai alternatif sumber air bersih bagi masyarakat, justru akan menjadi pilihan utama, terutama saat musim hujan. “Tentu ini akan memudahkan, karena sumur bor lokasinya di sekitar rumah warga dan semoga kita semua bisa menjaga dan merawatnya,” tandasnya.(SS/KM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!