Metro Kota

Bantu Penuhi Stok Darah di PMI Kendari, Polresta Kendari Gelar Donor Darah

Avatar
3446
×

Bantu Penuhi Stok Darah di PMI Kendari, Polresta Kendari Gelar Donor Darah

Sebarkan artikel ini

KENDARI, SULTRASATU.COM – Guna membantu memenuhi kebutuhan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kendari, Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kendari menggelar aksi donor darah, Rabu (21/9/2022).

Kapolresta Kendari, Kombes Pol Muhammad Eka Fathurrahman mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan PMI Kendari melaksanakan kegiatan donor darah itu, mengingat stok darah yang ada di PMI Kendari habis.

“Ketika kami berkoordinasi dengan PMI ternyata stok darah yang ada di PMI dari semua jenis golongan darah nihil alias kosong, akhirnya kami berinisiatif mengumpulkan personel Polresta Kendari beserta Bhayangkari untuk secara ikhlas mendonorkan darahnya,” kata Eka kepada awak media.

BACA JUGA:  Pemkot Kendari Terima Penghargaan Dari Kementrian Keuangan RI

Eka mengungkapkan, selain membantu memenuhi kebutuhan pasokan darah di PMI Kendari, dirinya juga tergerak untuk membantu rekan jurnalis yang sedang membutuhkan stok darah karena sakit.

“Kebetulan tadi ada rekan jurnalis yang membutuhkan darah golongan A empat Kantong. Jadi kami berupaya untuk membantu dengan mengerahkan personel Polresta Kendari,” ungkap Eka.

Lanjut, Eka menginstruksikan langsung kepada seluruh personel yang memenuhi syarat untuk melakukan donor darah.

Bingkai Dispar

Bingkai ekoran dikbud bkad scaled

“Adapun yang berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah keluarga besar Polri mulai dari anggota Polres, PNS dan Ibu Bayangkari,” ujar Eka.

Dalam donor darah yang dilakukan pihaknya hari ini memprioritaskan golongan darah O, meski begitu jenis golongan darah lainnya seperti A, B dan lainnya tetap akan dikumpulkan.

“Alhamdulillah hari ini karena situasi mendadak kami baru bisa mengumpulkan 20 orang secara prioritas, ke depan kami akan berkoordinasi lagi dengan PMI untuk mengisi kekosongan stok darah di Kota Kendari,” ucap Eka.

Polisi berpangkat tiga bunga emas di pundak itu menambahkan, ke depan pihaknya akan mengumpulkan seluruh personel untuk melakukan aksi sosial donor darah guna membantu ketersediaan pasokan darah di PMI.

“Semaksimal mungkin kami upayakan untuk mengumpulkan semua golongan darah menggerakkan anggota kami untuk mendonorkan darahnya,” tambahnya.

Sementara itu, Dokter Skrening Donor Darah PMI Kendari, dr. Aulia Syukraini mengatakan, alasan habisnya stok darah di PMI Kendari ialah karena banyaknya kebutuhan dari pasien.

“Kebutuhan yang lebih tinggi dibanding stok yang ada. Bisa jadi karena kurangnya pendonor dan meningkatnya kebutuhan darah dari pasien makanya stok di PMI bisa kosong,” kata Aulia. (Ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!