Daerah

Realisasi Dana Desa Tahap I, Pemdes Tambosupa Konsel Tuntaskan Sejumlah Program Masyarakat

Redaksi Sultrasatu
1860
×

Realisasi Dana Desa Tahap I, Pemdes Tambosupa Konsel Tuntaskan Sejumlah Program Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Plt Kades Tombosupa Irmadi Raharja S.Sos.

KONAWESELATAN, SULTRASATU.COM- Pemerintah Desa (Pemdes) Tombosupa, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mamanfatkan ealisasi dana desa (DD) tahap I tahun 2024 dengan menuntaskan berbagai program masyarakat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Desa (Kades) Tombosupa Irmadi Raharja S.Sos, mengurai program-program yang dituntaskan dengan pemanfaatan dana desa tahun 2024 ini mulai dari program fisik.

Program fisik pembuatan drainase lingkungan.

Program fisik yang dikerjakan yakni pembangunan drainase lingkungan untuk pencegahan banjir dalam lingkungan pemukiman.

Ini menjadi salah satu program fisik prioritas di Desa Tambosupa untuk mencegah banjir sesuai dengan musyawarah desa setempat.

BACA JUGA:  Dit Polairud Lakukan Pengamanan Mudik Lebaran di Pelabuhan Kendari

“Saat ini telah dirampungkan pengerjaan drainase lingkungan sepanjang 120 meter. Dan akan lanjutkan pada tahun berikutnya,” ujar Irmadi Raharja saat ditemui, Jumat (5/7/2024).

Bingkai Dispar

Bingkai ekoran dikbud bkad scaled

Pembuatan drainase untuk mencegah banjir.

“Pengadaan drainase ini merupakan upaya penataan lingkungan pemukiman dan juga upaya pencegahan banjir. Ini merupakan usulan prioritas dalam musyawarah desa setempat, ” ungkapnya.

Irmadi Raharja membeberkan pemanfaatan lain dari dana desa pada pencairan tahapan I ditahun 2024 ini, yakni pembayaran insentif bagi imam desa, guru mengaji,dan juga guru PAUD yang masing masing berjumlah 2 orang.

Serta, insentif bagi operator Siskeundes, operator siks_ng, operator website desa.juga operator prodeskel.

Pengerjaan drainase dituntaskan dengan panjang 120 meter.

“Pemanfatan lain juga dana desa tahap pertama di tahun 2024 ini, untuk insentif pemangku adat, tokoh adat setempat, serta BPJS ketenagakerjaan bagi warga kategori miskin di Desa Tambosupa sejumlah 50 orang, ” bebernya.

Sementara itu, Pemdes menekan saat ini pihaknya tengah melakukan pengurusan tahapan pencarian ke II untuk dana desa anggaran tahun 2024, untuk pelaksanaan program lanjutan. (SS/Ed)

error: Content is protected !!