Daerah

Pemdes Tambosupa Konsel Tuntas Salurkan BLT DD Tahap I serta Bantuan Pertanian

Redaksi Sultrasatu
2073
×

Pemdes Tambosupa Konsel Tuntas Salurkan BLT DD Tahap I serta Bantuan Pertanian

Sebarkan artikel ini
Penyaluran BLT DD langsung oleh Kades Irma di Raharja di Balai Desa Tambosupa yang disaksikan aparat desa yang turut hadir. 

KONAWESELATAN, SULTRASATU.COM- Pemerintah Desa (Pemdes) Tambosupa, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) telah menyelesaikan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Tahun Anggara (TA) 2024 tahap I.

Realisasi dana desa tahap I ini, Pemdes Tombusapa juga telah menuntaskan sejumlah program masyarakat.

Seperti penyaluran bantuan pertanian atau perkebunan yakni bantuan racun rumput sebanyak 221 botol, pengadaan kawat duri 210 gulungan.

Penyaluran bantuan pertanian racun rumput.

Serta pembangunan fisik yakni pembangunan drainase lingkungan sepanjang 120 meter untuk mencegah banjir telah dituntaskan.

BACA JUGA:  Direktur P3S: Peluang AHY Sebagai Calon Presiden Mileneal Lebih Besar

Kepala Desa (Kades) Tambosupa Irmadi Raharja,S.Sos menuturkan BLT DD yang disalurkan untuk tahap pertama sebesar masing-masing keluarga penerima manfaat (KPM) Rp2 juta 100 ribu dari akumulasi 7 bulan mulai Januari hingga juli 2024.

Penyaluran BLT DD langsung oleh Kades Irma di Raharja di Balai Desa Tambosupa yang disaksikan aparat desa yang turut hadir.

“Jadi penyaluran BLT DD disalurkan kepada 25 KPM sebesar Rp2 juta 100 ribu. Ini terhitung selama 7 bulan. Dimana, satu bulan KPM berhak menerima Rp300 ribu,” terang Irmadi Raharja.

Bantuan pertanian berupa kawat untuk pagar.

Irmadi Raharja berharap dengan tersalurnya BLT DD, dana yang diterima bisa dipergunakan dengan baik dan bisa membantu kebutuhan sehari-hari penerima.

Ia juga berharap, BLT DD tahap 2 di tahun 2024 bisa segera tersalurkan kembali sehingga bisa kembali diterima oleh masyarakat.

“Kita pemerintah desa tentunya ingin yang terbaik untuk masyarakat. Olehnya itu, untuk tahap dua, kami usahakan bisa disalurkan lebih cepat,” ujarnya.

Lanjut Irmadi Raharja menuturkan, program lain yang juga telah dijalankan dengan pemanfaatan dana desa tahap pertama adalah penyaluran bantuan racun rumput sebanyak 221 botol.

Bantuan yang disalurkan hasil musyawarah dengan masyarakat.

Kemudian, pengadaan kawat duri untuk perkebunan atau lahan pertanian warga Desa Tambosupa sebanyak 210 gulungan.

“Semua ini ini merupakan hasil musyawarah bersama warga terkait pemanfaatan dana desa yang diterima,” pungkasnya. (SS/Ed)

error: Content is protected !!