Daerah

Pemkab Konsel Lakukan Penilaian Lomba Kecamatan

Avatar
1697
×

Pemkab Konsel Lakukan Penilaian Lomba Kecamatan

Sebarkan artikel ini
Ketgam: Foto bersama Setda Konsel H Amran Aras bersama warga saat melakukan penilaian lomba kecamatan, Selasa (2/8/2022)

KONAWE SELATAN , SULTRASATU. COM – Pemerintah daerah Kabupaten Konawe Selatan saat ini melakukan penilaian di sejumlah kecamatan. Hal itu guna memastikan tata kelola pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat berjalan maksimal.

Penilaian lomba kecamatan ini dipimpin langsung Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Pemda Konawe Selatan, H Amran Aras sebagai Ketua Tim Penilai Lomba.

Menurut Amran saat melakukan penilaian di Kecamatan Sabulakoa, Selasa (2/8/2022), penilaian sudah berjalan selama 2 hari yang terbagi dari tiga tim penilai lomba. Direncanakan penilaian lomba kecamatan berakhir di Kecamatan Laonti, Jumat mendatang.

Ketgam: Foto bersama Setda Konsel H Amran Aras bersama warga saat melakukan penilaian lomba kecamatan, Selasa (2/8/2022)

“Hari ini kami sudah melakukan penilaian di Kecamatan Palangga, Laeya, Landono dan Sabulakoa. Sudah 12 kecamatan yang kami nilai dari 25 kecamatan yang ada di Konsel,” sebut Amran.

BACA JUGA:  Kadis Pendidikan Konut Tegaskan Pihaknya Tidak Pernah Menginstruksikan Pemungutan Biaya Wisuda TK/PAUD

Amran mengatakan penilaian sesuai PP No 17 tahun 2018 dimana setiap tahun pemerintah kabupaten melakukan evaluasi kinerja pemerintah kecamatan.

“Visi misi bupati bagaimana tata kelola pemerintahan itu berawal dari bawah sebagai ujung tombak pelayanan masyarakat. Dari desa, kecamatan juga dalam rangka menjalankan RPJMD bupati,” ujar Amran.

Bingkai Dispar

Bingkai ekoran dikbud bkad scaled

Amran menuturkan penilaian ini terkait tata kelola pemerintahan. Dimana Bupati Konawe Selatan, H Surunuddin Dangga menginginkan bagaimana penguatan pemerintahan di kecamatan sampai pada pelayanannya.

“Aspek-aspeknya yakni inovasi pelayanan desa, kecamatan dan pelayanan kepada masyarakat. Untuk mewujudkan program bupati dalam penguatan tata kelola pemerintahan. Semua dinas turun menilai berdasarkan tugas pokoknya,” tutur Amran.

Sementara itu, Camat Sabulakoa, Rahmat Saleh S.Stp mengatakan sejak mekar di tahun 2014, pemerintah Kecamatan Sabulakoa terus memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Salah satu indikatornya, kata dia, dapat dilihat dari partisipasi masyarakat dalam kegiatan-kegiatan sosial dan pemerintahan di Kecamatan Sabulakoa.

“Pelayanan kita maksimalkan dari desa, sampai ditingkat kecamatan. Partispasi masyarakat dalam kegiatan sosial dan pemerintahan juga tinggi. Angka kriminalitas di Sabulakoa nihil,” tutur Rahmat.

Bahkan kata Rahmat, di Kecamatan Sabulakoa pemerintah kecamatan melakukan pembinaan dibidang olahraga.

“Pembinaan olahraga kita hidupkan. Gudang atlet Wushu di Konsel ada di Sabulakoa. Pada pekan olahraga provinsi di Kolaka dua tahun lalu, beladiri Wushu berhasil menyumbangkan tujuh medali emas, 12 medali perak dan 21 medali perunggu bagi daerah. Bahkan Kejurda Wushu menjadi juara umum. Dimana atletnya sebagian besar berasal dari Kecamatan Sabulakoa,” tuturnya.

Bahkan kata dia, bukan saja disisi pemerintahan, hasil bumi dari perkebunan, pertanian, dan holtikultura di Kecamatan Sabulakoa penyuplai terbesar di Kota Kendari. (Ed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!