Daerah

Panitia Pilkades Kabupaten Gelar Tes Tertulis Untuk Lima Desa di Konsel

Avatar
1314
×

Panitia Pilkades Kabupaten Gelar Tes Tertulis Untuk Lima Desa di Konsel

Sebarkan artikel ini

KONAWE SELATAN, SULTRASATU.COM – Sebanyak lima Desa yang mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), mengikuti tes tambahan tertulis, yang diselenggarakan oleh

Panitia Pilkades Kabupaten, Kamis (5/5).

Tes tambahan tertulis tersebut, dikhususkan bagi jumlah Bakal Calon (Balon) lebih dari 5 orang pendaftar dalam satu Desa.

Dijelaskan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Annas Mas’ud, Pilkades serentak di Konsel bakal digelar 22 Mei mendatang. Sementara memasuki tahapan jadwal seleksi tertulis bagi Balon Kades yang memiliki lebih dari lima orang calon di Desa tersebut.

BACA JUGA:  Terkait Kasus Penipuan Dana Umroh di Aceh Utara, PPWI Surati Mabes Polri

“Pelaksanaan tes terlulis dilaksanakan hari ini, Kamis 5 Mei 2022), lima Desa dimaksud yakni, Desa Tanjung Tiram dan Desa Mekar Jaya Kecamatan Moramo Utara, Desa Rakawuta Kecamatan Mowila. Serta Desa Leleka dan Desa Ranowila Kecamatan Wolasi dengan jumlah peserta sebanyak 32 orang,” terang Annas.

Bingkai Dispar

Bingkai ekoran dikbud bkad scaled

Dalam tes tertulis lanjut Annas, tim panitia Pilkades Kabupaten menggadeng akademisi yakni dari tim Psikologi Awareness Development of Psikologi (ADP), hal itu untuk mengukur beberapa aspek kemampuan Balon Kades tersebut.

“Aspek yang dimaksud yaitu, kepemimpinan, sikap kerja, kepribadian dan intelegensi. Pelaksanaan tes berlangsung selama satu hari di Aula DPMD Konsel disaksikan langsung oleh panitia Pilkades Desa masing-masing,” jelasnya.

Ditambahkan Annas Setelah tes hari ini, hasilnya langsung diberikan kepada panitia Pilkades Kabupaten dan panitia Pilkades Desa, agar tahapanya dilanjutkan sesuai jadwal yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Sementara itu ketua Tim Tes Psikologi Astri Yunita, S.Psi., M.Psi, mengatakan bahwa pelaksanaan tes dilaksanakan dengan berpedoman kepada kaidah kaidah akademik. Sehingga hasilnya diharapkan dapat membantu merekomendasikan Balon yang memiliki kemampuan lebih.

“Dari lima calon yang akan direkomendasikan tentunya secara akademik dapat di pertanggungjawabkan hasilnya dan bermanfaat pada saat melaksanakan tugas sebagai Kades apabila terpilih nanti,” singkatnya.(SS: Edi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!