Headline NewsNewsPemerintahan

Konsel Peroleh Program Bantuan Teknis Penyusunan RDTR dari Kementrian ATR BPN

Avatar
752
×

Konsel Peroleh Program Bantuan Teknis Penyusunan RDTR dari Kementrian ATR BPN

Sebarkan artikel ini
Konsel Peroleh Program Bantuan Teknis Penyusunan RDTR dari Kementrian ATR BPN
Ketgam: Bupati Konsel dan kepala daerah yang juga memperoleh bantuan RDTR usai teken pakta integritas.

JAKARTA, SULTRASATU.COM – Bupati Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Surunuddin Danga menekan Pakta Integritas Bersama Dirjen Tata Ruang, yang disaksikan Menteri ATR BPN.

Konsel Peroleh Program Bantuan Teknis Penyusunan RDTR dari Kementrian ATR BPN
Ketgam: Foto bersama para kepala daerah yang memperoleh bantuan RDTR dan Kementrian ATR BPN.

Teken Pakta Integritas dilakukan dalam rangka Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) memperoleh Program Bantuan Teknis Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (Kemen ATR BPN) di 2 wilayah yakni Kecamatan Angata dan Laonti.

Bupati Konsel Surunuddin, mengatakan, dari 514 kabupaten/kota di Indonesia, hanya 82 kabupaten/kota yang mendapatkan bantuan tersebut termasuk Konawe Selatan.

Dengan rincian sebanyak 77 RDTR wilayah, dan 5 RDTR kawasan perbatasan negara (KPN) melalui Anggaran Tambahan Belanja Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (ABT BA BUN) Tahun 2023 di lingkungan Direktorat Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah II Kemen ATR BPN.

“Terpilihnya Kabupaten Konawe Selatan, bersama Konawe, Buton dan Kolaka untuk menerima bantuan teknis penyusunan RDTR karena hasil evaluasi memiliki Investasi Tertinggi,” kata Surunuddin Danga.

Surunuddin menjelaskan, Progran bantuan telah di tenderkan di Kemen ATR BPN ini akan di laksanakan pada Agustus hingga Desember 2023.

Dengan target 2024 telah di perundangkan melalui Peraturan Kepala Daerah (Perkada) sehingga menjadi dasar baru Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten.

“Program bantuan ini tertuang dalam penandatanganan dokumen pakta integritas bersama Direktur Jenderal Tata Ruang Ir. Gabriel Triwibawa, M.Eng.Sc yang disaksikan langsung Menteri ATR BPN Marsekal TNI (Purn) Dr Hc Hadi Tjahjanto SIP dan 69 bupati/walikota dan gubernur yang menjadi lokasi penyusunan RDTR, Rabu (9/8/2023).

Diketahui, acara Teken Pakta Integritas berlangsung di gedung The Tribatra Darmawangsa, Jakarta Selatan.

Dalam acara, turut mendampingi Bupati Konsel, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Konsel Askar ST M.Si dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Erna Yustiana, SP serta Kabid Tata Ruang PUTR Konsel Iwawono Anshari ST M.PWK. (SS/B-yu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!