Metro Kota

Diresmikan, 5 Unit Mobil Operasional dan 1 Sky Lift Resmi Beroperasi di Kendari

Avatar
1639
×

Diresmikan, 5 Unit Mobil Operasional dan 1 Sky Lift Resmi Beroperasi di Kendari

Sebarkan artikel ini
Ketgam: Beberapa unit mobil yang diresmikan Wali Kota Kendari

KENDARI, SULTRASATU. COM – Sebanyak 5 unit mobil operasional Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) dan 1 unit mobil sky lift Dinas Perhubungan Kota Kendari resmi beroperasi di Kota Kendari.

Peresmian 6 unit kendaraan itu diresmikan oleh Wali Kota Kendari H Sulkarnain di halaman tugu religi, Jumat (2/9/2022).

Wali Kota Kendari H Sulkarnain mengatakan, penambahan armada di 2 dinas ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat baik dalam menjaga kebersihan kota maupun pemasangan lampu jalan oleh dinas Perhubungan.

Karena menurut Sulkarnain fasilitas yang baru diresmikan sebenarnya sudah sejak tahun 2020 diprogramkan, namun karena terjadi pandemi dan anggaran harus direfokusing sehingga baru tahun 2022 direalisasikan.

BACA JUGA:  Hj Siti Chadidjah Resmi Menjabat Sekda Konsel

“Kemampuan kita masih terbatas, tapi paling tidak kita tunjukkan kesungguhan kita, keseriusan kita, saya yakin masyarakat di Kota Kendari paham, mengerti antara keinginan dan harapan kita membangun kota Kendari dengan kemampuan yang kita miliki masih ada gap tapi yang mereka tuntut adalah kesungguhan kita,” jelasnya.

Bingkai Dispar

Bingkai ekoran dikbud bkad scaled

Wali kota menambahkan, fasilitas mobil penyapu jalan ini akan membantu penanganan kebersihan kota serta membantu tugas penyapu jalan yang bertugas hanya di pagi hari.

Kadis DLHK Kota Kendari Nismawati menjelaskan, mobil penyapu jalan akan diprioritaskan pada jalan-jalan protokol di Kota Kendari. Mobil tersebut bisa digunakan selama 24 jam sesuai kebutuhan.

Sedangkan mobil sky lift akan digunakan untuk memangkas dan menata pepohonan yang rawan tumbang.

“Anggaran mobil penyapu jalan atau sweeper Rp 2,6 miliar satu unit. Ini sebagai uji coba apakah bisa efektif, tapi kalau kita lihat di kota besar tidak ada pasir karena mereka menggunakan ini,” ujar Nismawati.

Sementara, perwakilan dari PT Java Sintesa Indonesia Suherlan menjelaskan, mobil penyapu jalan ini bersifat otomatis, digerakkan oleh kekuatan tekanan angin, dilengkapi dengan sapu di kiri dan kanan mobil kemudian vakum di bagian belakang yang bisa menjangkau sampah di pedistrian atau trotoar.

Sedangkan mobil sky lift merupakan jenis terbaru yang bersifat elektrik. Mobil ini merupakan yang kedua digunakan Pemerintah Kota Kendari.

“Sudah lebih canggih dari sebelumnya manual. Ini (sky lift) sudah elektrik bisa dikontrol dari bawah maupun dari atas bucketnya,” tutup Suherlan. (MEI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!