Headline NewsNews

Bangun Ketahanan Pangan, Kodim 1430 Konut Rajin Lakukan Terobosan

Avatar
914
×

Bangun Ketahanan Pangan, Kodim 1430 Konut Rajin Lakukan Terobosan

Sebarkan artikel ini
Bangun Ketahanan Pangan, Kodim 1430 Konut Rajin Lakukan Terobosan
Ketgam: Foto Kodim 1430 Konut Letkol Kav Sofyan bersama Babinsa Konut Sertu Aldin Aprlla dan masyarakat.

KONAWE UTARA, SULTRASATU.COM – Komando Distrik Militer (Kodim) 1430 Kabupaten Konawe Utara (Konut) terus melakukan terobosan untuk membangun ketahanan pangan di Konut.

Foto bersama Kodim dan Babinsa Konut bersama masyarakat dalam membudidayakan tanaman sorgum
Ketgam: Foto bersama Kodim, Babinsa Konut, Camat Motui dan Kades Matandahi bersama masyarakat dalam membudidayakan tanaman sorgum.

Terobosan dilakukan merupakan langkah sinergitas dengan pemerintah dan masyarakat daerah setempat.

Komandan Kodim 1430, Letkol Kav Sofyan, Minggu 13 April 2023 mengatakan, wilayah Kodim Termuda di Komandan Resort Militer (Korem) 143/Haluoleo Kendari diresmikan pada akhir November tahun 2022 lalu.

Meski demikian, pihaknya tidak mau ketinggalan dalam membangun daerah, khususnya pembangunan ketahanan pangan.

BACA JUGA:  Pemkab Konut Umumkan Hasil Seleksi PPPK 2023 Setelah Masa Sanggah

“Pembangunan ketahanan pangan telah menjadi anjuran dari Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdulrahman untuk mengiatkan keterlibatan TNI angkatan darat dalam peningkatan ketahanan pangan dan pengentasan stunting,” kata Sofyan.

Bingkai Dispar

Bingkai ekoran dikbud bkad scaled

Untuk itu, Sofyan mengaku program ketahanan pangan yang akan dilakukan diantaranya, bioflok untuk budidaya ikan air tawar, penanaman sayur mayur di sekitar Mako Kodim, dan perumahan para anggota sebagai percontohan bagi masyarakat sekitar.

“Selain itu, juga akan dilakukan pemberdayaan para Babinsa Kodim 1430 dalam membudidayakan budidaya kepiting bakau di sekitaran Kecamatan Motui seluas 10 hektar, yang diperkirakan dapat dipanen dalam 3 bulan kedepan,” ungkapnya.

Tidak sampai di situ, Kodim 1430 Konut bersama pemerintah daerah serta masyarakat yang dikordinator oleh Babinsa Sertu Aldin Aprlla, anggota Koramil 01 Asera, Camat Motui Sudomo SE, Kades Matandahi Hasrudin juga akan mengembangkan tanaman sorgum.

“Sorgum ini merupakan tanaman pangan alternatif dengan nilai ekonomi tinggi yang dapat dipanen hingga beberapa kali,” kata Sofyan.

Agar program bisa terserap dan diketahui oleh masyarakat, Kodim 1430 bersama pemerintah daerah giat melakukan promosi potensi pariwisata daerah, berupa keindahan pantai dan terumbu karang labengki.

“Dengan pendamping ini, diharapkan masyarakat Konawe Utara dapat lebih mandiri dengan menghasilkan berbagai kebutuhan yang dapat mengurangi belanja harian dan mengendalikan inflasi. Sehingga kesejahteraan masyarakat dapat lebih meningkat,” tutupnya. (SS/Ed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!