Nasional

Hadiri TTG XIII Tahun 2022 Cirebon, Bupati Surunuddin Pinta Inovasi Teknologi Dilombakan.

Avatar
2590
×

Hadiri TTG XIII Tahun 2022 Cirebon, Bupati Surunuddin Pinta Inovasi Teknologi Dilombakan.

Sebarkan artikel ini

CIREBON ,SULTRASATU. COM – bisa dipungkiri penerapan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna menjadi urat nadi dalam membangun suatu wilayah

Hal itu sangat dipahami Bupati Konawe Selatan (Konsel) H Surunuddin Dangga ST MM. Juga menjadikan prioritas utama dalam memajukan daerah otoritanya yang dikemas apik melalui Tagline “Desa Maju Konsel Hebat”. Yang berfokus pada Pembangunan Kawasan Perdesaan

Berkaitan dengan itu jua, Bupati Surunuddin tidak menyia-nyiakan kesempatan ketika diundang pihak Kementerian Pembangunan Desa Tertinggal untuk menghadiri “Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nusantara XXIII Tahun 2022” di Aston Hotel & Convention Center di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Ia didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Hj Nurlin Surunuddin SH, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Drs Anas Mas’ud M.Si Dan Kabag Protokol Erna Yustiana.

BACA JUGA:  Jokowi Enggan Salami Kapolri, Alumni Lemhannas: Jangankan Rakyat, Presiden Saja Menilai Polri Buruk

Pada Kesempatan itu, usai mengikuti kegiatan yang dibuka oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi (DPDTT) RI Dr. H Abdul Halim Iskandar (Rabu,19/10), Dan masih dilokasi yang sama Bupati Surunuddin mengunjungi Stan Pameran yang diikuti para inovator TTG dari berbagai daerah di Indonesia

Disela-sela kunjungannya, Bupati Surunuddin memerintahkan Kadis PMD Konsel untuk melaksanakan kegiatan serupa dengan memperlombakannya pada Tingkat Kabupaten.

“Kegiatan TTG ini sangat bermanfaat sekaligus berdampak baik terhadap kemajuan ekonomi masyarakat dan daerah,”ujarnya dihadapan Kadis PMD dan Kabag Protokol Pemda Konsel

Diperintahkannya, Demi mendorong implementasi khususnya Pengembangan ekonomi masyarakat dan Pembangunan Kawasan Perdesaan, Salah satunya harus ditempuh dengan penerapan teknologi tepat guna dengan merangsang terciptanya Inovasi temuan baru.

“Agar masyarakat kita termotivasi untuk berkreasi dan berinovasi dibidang teknologi, saya minta untuk diperlombakan pada Level Kabupaten dan rutin diagendakan . Pemenangnya akan diikutsertakan dalam setiap kegiatan TTG Tingkat Nasional setiap Tahun,'”tegasnya dan diamini Kadis PMD Anas Mas’ud.

“Dukungan masyarakat, khususnya wirausahawan juga penting untuk kita galang, terkait pemanfaatan Produk teknologi temuan baru tersebut, yang tentunya bernilai hemat dan terjangkau serta baik dari segi dampak lingkungan,”tutupnya.

Tak lupa ia mengapresiasi atas ikutnya Inovator Konsel dalam Pameran TTG dibawah binaan DPMD Kabupaten Konsel. Yang memamerkan Mesin Pencacah Nilam. serta beberapa produk olahan jadi seperti Kopi Tolaki, Keripik, Serbuk Jahe dan produk lainnya.

Sementara dalam arahan sebelumnya saat membuka TTG XIII, Menteri DPDTT Iskandar mengatakan kegiatan dan penggunaan teknologi tepat guna searah dengan program kebijakan Pembangunan di Desa.”Yang didukung Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah hingga ke Pemerintah Desa. Dengan harapan kesejahteraan masyarakat mendapatkan ruang yang sangat luas dalam berinovasi,”timpalnya

Untuk diketahui, Kegiatan Teknologi Tepat Guna yang diselengggarakan di Kabupaten Cirebon merupakan agenda rutin tahunan Kemendes, yang bertujuan untuk memasyarakatkan inovasi hasil TTG, sekaligus sebagai ajang promosi dan pertukaran informasi terkait pengembangan serta pemanfaatan TTG untuk kemajuan ekonomi masyarakat desa.(Ed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!