AdvertorialKabar DesaNewsPemerintahan

Pasca Dilantik, Kepala Desa Sambasule Prioritaskan Air Bersih pada Dana Desa Tahun 2023.

Avatar
1154
×

Pasca Dilantik, Kepala Desa Sambasule Prioritaskan Air Bersih pada Dana Desa Tahun 2023.

Sebarkan artikel ini
Kepala Desa (Kepdes) Sambasule Sumardin, A.M.d.
Ketgam: Kepala Desa (Kepdes) Sambasule Sumardin, A.M.d.

Advertorial

KONAWE UTARA, SULTRASATU.COM – Kepala Desa Sambasule Kecamatan Motui Kabupaten Konawe Utara (Konut) mulai menjalankan beberapa program prioritas desa untuk anggaran dana desa tahun 2023, pasca dirinya dilantik sebagai kepala desa terpilih.

Kepala Desa (Pemdes) bersama warga saat akan menerima bibit ikan.
Ketgam: Kepala Desa (Pemdes) bersama warga saat akan menerima bibit ikan.

Salah satu program prioritas yang bakal dikerjakan yakni penyediaan prasarana air bersih yang saat ini masih sangat terbatas diakses oleh masyarakat.

“Kondisi desa selama ini, adalah akses untuk air bersih masih sangat terbatas. Apalagi di cuaca panas yang semakin menyulitkan,” kata Kepala Desa Sambasule Sumardin, A.M.d, Sabtu 15 Juli 2023.

Ikan air tawar jenis gurame dilepaskan di kolam
Ketgam: Ikan air tawar jenis gurame dilepaskan di kolam.

Selain penyediaan air bersih, Pemdes Sambasule juga akan memperioritaskan pengadaan saluran irigasi untuk persawahan, dimana Desa Sambasule memiliki lahan mencapai 12 ribu hektar.

Apalagi, lanjut Sumardin, bahwa di Desa Sambasule juga masih banyak lahan yang belum di manfaatkan untuk perkebunan sawit guna ekonomi jangka panjang masyarakat desa.

“Diharapkan adanya bantuan dari pihak pemerintah Kabupaten Konawe Utara, terutama alat pertanian berupa traktor dan juga alat panen serta pupuk yang sering sekali menjadi kendala utama dalam peningkatan hasil produksi padi persawahan,” papar Sumardin yang juga seorang Kosultan.

Diketahui, Pemdes Sambasule juga telah menyalurkan bantuan ikan tawar berupa bibit Gurame kepada 5 kelompok tani yang berasal dari bantuan dari dinas terkait.

Bantuan bibit ikan berhasil didapat setelah Kepala Desa Sambasule, Sumardin mengajukan profosal yang kemudian di setujui oleh dinas terkait.

Sementara, untuk BLT-DD, Pemdes Sambasule Tengah mengajukan pencairan untuk tahap 2 (April, Mei, dan Juni). (SS/Akbar Sahid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!