NewsPemerintahan

BPK dan Perwakilan DPR RI Lakukan Sosialisasi Optimalisasi Fungsi Pengelolaan Dana Desa

Avatar
737
×

BPK dan Perwakilan DPR RI Lakukan Sosialisasi Optimalisasi Fungsi Pengelolaan Dana Desa

Sebarkan artikel ini
Ketgam: Bupati dan Ketua DPRD Konsel duduk bersama dengan perwakilan BPK RI serta DPR RI.

KONAWE SELATAN, SULTRASATU.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Konsel dan Perwakilan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, mengelar sosialisasi optimalisasi fungsi pengelolaan dana desa (DD).

Ketgam: jajaran pejabat lingkup konsel beserta camat, dan kepala desa yang mengikuti sosialisasi

Sosialisasi yang dilaksanakan Aula Kantor Bupati Konsel itu untuk membahas peran, tugas, dan fungsi dalam pengawasan pengelolaan dana desa terhadap ratusan kepala desa se Kabupaten Konawe Selatan, Senin, 8 Mei 2023.

Anggota DPR RI dari Komisi XI, Bahtera mengatakan, sosialisasi penting dilakukan, karena terkait optimalisasi pengunaan dana desa dalam upaya peningkatan pembangunan sarana dan juga ekonomi wilayah pedesaan.

Di mana, tiap tahun pemerintah pusat terus meningkat jumlah dana desa dimana untuk tahun 2023 ini telah mencapai 72 triliun rupiah dalam upaya peningkatan infrastruktur dan ekonomi desa.

“Dan memang dana desa yang disalurkan pemerintah pusat terbukti dapat menguatkan perekonomian negara terutama disaat pandemi covid lalu, hingga ekonomi negara tidak masuk dalam resesi,” kata Bahtera.

Sementara, Bupati Konsel Surunuddin Dangga, mengungkapkan, untuk wilayah Konsel, terdapat 363 desa, dengan kucuran dana desa mencapai 244 miliar rupiah lebih untuk tahun 2022.

“Dana desa ini diharapkan pembangunan dari desa dapat terlaksana dengan perimbangan infrastruktur dan sarana ekonomi hingga pembangunan daerah dapat bergerak cepat,” katanya dalam sosialisasi.

Tidak lupa, Surunuddin juga berharap, kegiatan sosialisasi yang sedang berlangsung dapat menambah wawasan para kepala desa terkait peran dan tugas seorang kepala desa.

“Kepala desa harus paham, bahwa dana desa ada untuk optimalisasi dan pertumbuhan desa maju, ekonomi baik, dan kesehatan,” ujarnya.

Diketahui, dalam sosialisasi itu, turut hadir Bupati Konawe Selatan H. Surunuddin Dangga, Wakil Bupati Konsel Rasyid, Sekretaris Daerah (Sekda) St Chdidjah, Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo, unsur forkopimda, camat se Konsel, dan para kepala desa se-Konsel. (SS/Ed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!